024-76583605 asmistansa@gmail.com

Sore gaes… Dalam penulisan kali ini asmi stansa ingin membahas masalah pengangguran. Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya.

Pengganguran erat kaitannya dengan permasalahan ekonomi,di Negara Indonesia tempat dimana saya dilahirkan mempunyai masalah pengganguran yang sampai saat belum tuntas. Padahal semua Negara di dunia tahu bahwa Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat berlimpah. Tapi mengapa rakyatnya masih ada yang belum bisa makan tiga kali sehari? Itu merupakan pertanyaan saya yang ingin ketahui langsung dari pemerintah.

Indonesia termasuk Negara berkembang yang mempunyai ciri-ciri pertumbuhan penduduknya tinggi sedangkan pendapatan perkapita yang rendah. Menurut saya mungkin Negara ini belom genap seabad untuk merdeka tetapi saya juga membandingkan Negara lain yang belum lama merdeka tapi sudah termasuk Negara maju contohnya saja Negara tetanga Malaysia. Malaysia sudah sangat maju dibandingkan Indonesia. Dengan sistem pemerintahannya,tata kota,fasilitas umum,dll. Kenapa Indonesia tidak bisa seperti Malaysia atau bahkan bisa lebih unggul dengan Malaysia. Jika dilihat dari sumberdaya alamnya lebih unggul Indonesia. Lalu apa yang salah dengan Indonesia?

Faktor-faktor seperti pendidikan,cara pemerintahan,kesehatan,kehidupan yang layak,dll mungkin bisa jadi penyebabnya. Dari aspek pendidikan Indonesia saat ini sudah banyak melahirkan anak bangsa yang luar biasa,dapat mencetak prestasi dan karya-karya baru. Tetapi pemerintah kurang sigap untuk mewadahkan dan memfasilitasi sehingga banyak penemu yang berpindah warga Negara karena memberikan apresiasi lebih kepada mereka. Banyak kejadian seperti itu yang saya amati dan kesannya ada yang aneh dalam pemerintahan Indonesia.

Pendidikan merupakan factor yang sangat mempengaruhi untuk kemajuan  bangsa. Jika anak bangsa mempunyai intelektual yang tinggi maka dapat bersaing dengan Negara yang lain. Menurut saya pendidikan di Indonesia kurang merata,terutama dibagian Indonesia timur yang masih banyak anak tidak bersekolah. Karena pendidikan yang rendah banyak anak bangsa yang sudah dewasa akhirnya bekerja tidak jelas. Yang akhirnya menciptakan banyak penggangguran di Indonesia.

Pengganguran tidak hanya dikarenakan oleh pendidikan yang rendah,tetapi banyak juga mahasiswa perguruan tinggi saat mereka lulus belum mempunyai pekerjaan yang layak. Mereka yang mampu kuliah hanya mencari gelar dan hanya lulus saja tanpa adanya suatu prestasi atau kehalian yang ditambahkan saat perkuliahan. Jadi saat lulus tidak tahu mau mencari pekerjaan dimana. Ini juga yang menyebabkan terjadinya pengangguran. Disisi lain lowongan pekerjaan di Indonesia masih sangat kurang dengan usia siap kerjanya. Yang saya lihat Indonesia dalam pembangunan belum merata,pabrik-pabrik besar dan pusat perkantoran masih terpusat disekitar ibu kota. Jika pembangunan dapat merata hingga ketimur Indonesia mungkin pengangguran dapat di minimalisir. Mungkin saja jika pabrik-pabrik besar di pindah kedaerah masyarakat dapat bekerja sebagai buruh disana dan dapat mencukupi kehidupannya. Jadi tidak ada lagi pengangguran di Indonesia tercinta ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya pernah terjadi krisis moneter yang melanda seluruh Negara dan terutama Negara adidaya seperti Amerika Serikat. Karena Negara tersebut mengalami krisis moneter Indonesia pun kena imbasnya. Banyak perusahaan gulung tikar,memecat para karyawannya dan banyak pula yang bangkrut. Itu juga merupakan penyebab terjadinya pengangguran.

Saya harap pemimpin Negara ini dapat mengatasi pengangguran yang semakin merajalela,mempunyai solusi yang jitu untuk Indonesia kedepannya dan melaksanakan pembagunan yang merata disetiap daerah. Cukup sekian penulisan singkat saya semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi pembaca,jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan.

sumber : http://premasanjaya.blogspot.co.id/2015/06/artikel-tentang-pengangguran.html

Share This

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!